METODE ILMIAH

                                                                B. METODE ILMIAH
            Metode ilmiah adalah suatu cara pemecahan masalah dengan langkah – langkah tertentu. Langkah – langkah metode ilmiah yaitu :
1.       Merumuskan Masalah
Permasalahan adalah pertanyaan ilmiah yang harus selesaikan. Permasalaha dinyatakan sebagai jawaban terbuka, berupa suatu pernyataan,bukan jawaban ya atau tidak. Pilihlah permasalahan dengan melakukan eksperimen.
2.       Melakukan Observasi  Awal
Tujuan dari langkah ini adalah untuk mengumpulkan informasi segala sesuatu yang berhubungan dengan permasalahan tersebut. Caranya dapat melalui pengalaman,berbagai ilmu pengetahuan, berkonsultasi dengan ahli, dan membaca semua referensi yang berkaitan.
3.       Membuat Hipotesis
Hipotesis adalah sutu ide atau dugaan sementara tentang pemecahan masalah yang diajukan dalam penelitian ilmiah. Yang perlu kamu ingat, jika hipotesis yang kamu lakukan itu tidak benar, bukan berarti penelitian yang kamu lakukan itu salah.
4.       Melaksanakan Eksperimen
Eksperimen dirancang dan dilaksanakan untuk menguji hipatesis yang diajukan. Saat melakukan eksperimen,kamu harus memperjitungkan semua variebel yang berkaitan dengan eksperimen. Usahakan saat melakukan aksperimen,terdapat satu variebel bebas. Agar hasilnya baik, lakukan pengulangan ( replikasi) !!!
5.       Menarik Kesimpulan
Kesimpulan adalah hasil yang menyatakan hubungan antara eksperimen dengan hipotesis. Kesimpulan yang kamu peroleh dapat sesuai dengan hipotesis,tetapi juga dapat bertentangan dengan hipotesis. Jika kesimpulan yang kamu buat sesuai dengan hipotesis,maka kamu dapat memberikan pemikiran untuk penelitian lebih lanjut. Jika, seandainya kesimpulan yang kamu buat tidak sesuai dengan hipotesis, jangan pernah kamu mengubah data yang kamu dapatkan !!! Apabila kamu memiliki waktu yang cukup lakukan eksperimen sekali lagi !!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI SEL

MAKNA PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA